Merawat Clodi

Wednesday, June 13, 2012


Seberapa lama clodi bertahan?Pertanyaan ini kerap ditanyakan kepada saya, Jawabannya tentu saja tergantung dari bagaimana kita merawat clodi. Dengan perawatan yang baik, tentu saja clodi akan terus berfungsi baik, bahkan dapat diwariskan kepada adik si bayi kelak.
Perawatan clodi dimulai dari bagaimana mencuci clodi.
    - Saat pertama kali memiliki clodi lakukan prewash.
    - Pilihlah deterjen yang tidak mengandung bahan pemutih atau pelembut. Dan gunakan takaran setengah dari saran   pencucian yang disyaratkan deterjen.
    - Untuk clodi model velcro, sebelum mencuci tempelkan Velcro pada tab. Ini penting dilakukan agar Velcro tidak rusak saat pencucian, yang berarti memperpanjang usia Velcro.
    - Buang kotoran (noda pup) yang melekat dengan cara menyiramkan air.
    - Pencucian bisa dilakukan secara manual atau menggunakan mesin cuci. Hindari menggunakan sikat pada proses pencucian. Sebisa mungkin pastikan bahwa proses pencucian tidak menyisahkan deterjen.
    - Hindari mencuci menggunakan air panas terutama untuk outer berbahan PUL. Sebaiknya gunakan air biasa atau suam-suam kuku.
    - Penjemuran menggunakan sinar matahari langsung lebih disarankan kerena kering lebih maksimal.
    - Jika daya kerja clodi mulai menurun, biasanya ditandai dengan seringnya bocor dan clodi berbau pesing dan apek, maka sgera Lakukan proses stripping. Atau lakukan stripping minimal 3 bulan sekali.
    dikutip dari : http://everlasting-journey.com

    0 comments:

    Post a Comment

    Get widget